Rabu, 30 Mei 2012

PERLUKAH BlackBerry Messenger(Pengertian / FENOMENA)



tolewaluyo


Apa itu BBM? Maaf, maksud saya bukan Bahan Bakar Minyak, tapi BlackBerry Messenger! BlackBerry adalah perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger (Blackberry Messenger/BBM), dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. BBM merupakan layanan pesan instan yang tidak jauh berbeda dengan layanan pesan instan lainnya seperti Yahoo! Messenger, MSN, Google Talk, dll. Penggunaan gadget canggih ini begitu fenomenal belakangan ini, sampai menjadi suatu kebutuhan untuk gaya-gayaan. BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1999 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM). Kemampuannya menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam hingga mengejutkan dunia. Hanya saja, BBM hanya diperuntukan bagi sesama pengguna ponsel BlackBerry
Dan menurut saya, demamnya BB juga sedikit banyak disebabkan karena menjamurnya jejaring sosial seperti facebook atau twitter. Dengan koneksi internet yang siaga 24 jam, pasti update status dan berkomunikasi via internet jadi jauh lebih mudah. Apalagi dengan adanya pandangan masyarakat yang memandang kalau "hanya bisa update status" dari gadget tertentu. orang-orang macam ini yang kadang membuat saya berpikir, apakah mereka memang perlu fasilitas“push e-mail” yang merupakan faktor keunggulan dari BB? Sementara sampai saat ini, kebanyakan memang bukan karena kebutuhan, tapi hanya karena gaya hidup atau tuntutan pekerjaan. Yang sebenarnya mereka tidak tahu apa keunggullan dari BB itu sendiri. Rajin banget dan secara teratur mengupdate status BBnya atau dari akun jejaring sosialnya. Bahkan sepertinya mereka memiliki komunitas tersendiri. 
Disini, didesa setengah kota BBM jauh lebih murah daripada SMS. Hal inilah yang membuat demam Blackberry di tempat kerja saya. Berikut beberapa alasan yang saya alami mengapa orang-orang di tempat kerja saya  berpindah ke Blackberry:
1.Karena BBM lebih murah dan cepat dari SMS. Selain itu BBM dapat mengirim pula gambar-gambar dan foto-foto dengan cepat.
2.Karena punya BBM diwajibkan bagi orang-orang yang “dianggap penting”. Padahal orang-orang yang “dianggap penting” itu belum tentu tahu apa fungsi sebenarnya dari BBM
3.Karena rekan – rekan kerja yang lain sudah menggunakan Blackberry (Mungkin dimaksudkan agar mereka dapat saling kirim-kiriman foto, atau lebih sering berkomunikasi dengan murah)
4.Karena pengguna Blackberry tidak lagi menggunakan fasilitas SMS, maka rekan kerja yang tidak menggunakan Blackberry mengalami kesulitan untuk menghubungi para pengguna Blackberry. Maka merekapun ikut berpindah ke Blackberry demi bisa tetap berkomunikasi. Fenomenanya, dulu orang yang katanya tidak butuh hp (handphone) sekarang punya BB jadi tidak bisa lepaskan BBnya. Orang itu akan rela balik arah walau pun sudah jauh dari rumah hanya sekedar mangambil BB, padahal dulu HPnya sering mati. Ada lagi, yang dulu bilangnya anti Facebook, sekarang jadi yang paling sering update status dan membalas atau pun sekedar LIKE status teman facebook.
Sungguh, saya tidak bermaksud membenci pengguna BB Saya juga bukan ANTI BB, lagi pula saya juga tidak dirugikan apa-apa…, Dan memang sejauh ini saya merasa belum butuh.  Yang jelas, tulisan ini merupakan “OPINI” semata…. Artikel ini hanyalah OPINI saya sebagai non-pengguna Blackberry. Mungkin banyak yang beranggapan lain. Bahkan mungkin saja persepsi saya berubah setelah nantinya saya menjadi pengguna Blackberry.
Jadi sudah benar-benar perlukah anda untuk menggunakan Blackberry??
baca juga MITOS DAN FAKTA BLACKBERRY
tole. dari : berbagi sumber

Tidak ada komentar: