Minggu, 24 Juni 2012

5 NEGARA TERKECIL DIDUNIA


  
Kategori negara terkecil di dunia adalah negara yang memiliki luas wilayah kurang dari 322 km persegi atau sekitar 200 mil persegi. Bila dihitung dengan seksama, di dunia ini terdapat 17 negara yang memiliki luas wilayah kurang dari 322 km persegi. negara - negara tersebut secara otomatis juga  memiliki populasi penduduk yang sangat sedikit bila dibandingkan dengan negara - negara yang memiliki luas wilayah lebih besar. Namun demikian, tidak semua negara terkecil di dunia tersebut memiliki nilai pertumbuhan ekonomi yang kecil juga. Beberapa negara terkecil di dunia tersebut malah memiliki kondisi ekonomi yang stabil. Berikut ini adalah 5 negara terkecil di dunia:


1. VATIKAN


Vatikan hanya memiliki luas wilayah sekitar 0,2 mil persegi atau total wilayah adalah 0,44 km². Vatikan merupakan negara terkecil di dunia yang menempati urutan pertama. Jumlah pdnduduk di vatikan hanya sekitar 770 orang. Kota Vatikan terletak di atas bukit Vatikan di sebelah barat laut kota Roma, beberapa ratus meter dari Sungai Tiber. Perbatasannya dengan Italia sepanjang (3,2 km) mengikuti tembok kota yang dahulu dibangun untuk melindungi Paus dari serangan. Paus adalah Kepala Negara sedangkan seorang gubernur mengurusi keperluan sehari-hari. Selain kota Vatikan, wilayah Paus juga meliputi beberapa gereja penting, kantor-kantor dan Castel Gandolfo.

2. MONACO

Monaco memiliki luas wilayah 0,7 mil persegi. Walaupun tergolong negara terkecil, Monaco telah merdeka sejak abad ke-13. Karena kondisi ekonominya yang baik, negara ini memiliki populasi sekitar 32.000 jiwa. Nama Monako berasal dari sebuah koloni Yunani di dekat sana, Monoikos, yang didirikan pada abad ke-6 SM oleh bangsa Phokida (bahasa Inggris: Phocis).
Salah satu sumber pendapatan Monako berasal dari sektor pariwisata; setiap tahunnya banyak yang berkunjung ke situ untuk kasino dan iklimnya yang nyaman.


3. NAURU

Dengan luas wilayah 8,5 mil persegi, Nauru dihuni oleh sekitar 13.000 penduduk. Negara ini sebelumnya dikenal sebagai Pleasant Island. Awalnya Nauru dihuni oleh suku Mikronesia dan Polinesia. Pada akhir abad ke-19, Nauru dianeksasi oleh Kekaisaran Jerman, dan setelah Perang Dunia I Nauru menjadi mandat Liga Bangsa-Bangsa yang dikelola oleh Australia, Selandia Baru, dan Britania Raya. Selama Perang Dunia II. Nauru dijajah oleh Jepang. Ketika perang berakhir, Nauru kembali menjadi amanat (trusteeship). Nauru mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun1968.

4. TUVALU

Negara ini hanya memiliki luas wilayah 9 mil persegi yang terdiri dari 9 batu karang sepanjang 360 mil di Polinesia. Negara yang merdeka pada tahun 1978 ini menjadi tempat tinggal bagi sekitar 12.000 jiwa. Tuvalu, dulunya dikenal sebagai Kepulauan Ellice, adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di antara Hawaii dan Australia di Samudra Pasifik. Titik tertinggi di antara 114 pulau yang membentuk negara ini hanya setinggi 5 m di atas permukaan laut

5. SAN MARINO



Negara ini memiliki luas wilayah 24 mil persegi yang terletak di sebelah utara Italia bagian tengah. Negara ini mengklaim sebagai negara tertua di Eropa yang telah didirikan sejak abad keempat. Jumlah penduduk San Mario hingga saat ini adalah sekitar 29.000 jiwa. Republik San Marino merupakan republik tertua di dunia yang masih ada, yang dibentuk pada tahun 301 oleh Santo Marinus (atau San Marino dalam bahasa Italia). Meskipun adalah negara merdeka sendiri tetapi masih tergantung pada Italia yang mengelilinginya.
Giuseppe Garibaldi yang menyatukan Italia pada tahun 1860 pernah menyembunyikan diri dari musuh di San Marino. Di sana beliau mendapatkan bala bantuan dari pemimpin San Marino dan rakyatnya untuk meneruskan perjuangannya. Maka itu Giuseppe Garibaldi berjanji bahwa San Marino akan tetap menjadi negara merdeka sendiri.
DIRANGKUM DARI : WIKIPEDIA


Tidak ada komentar: