Jumat, 29 Juni 2012

WISATA BEDUL


Sebaiknya anda tahu:
Kawasan wisata Bedul termasuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo, terletak di desa SumberAsri Kecamatan Purwoharjo, BANYUWANGI. Kawasan Bedul terdiri dari daratan ujung lemarengan dan segoro anakan. Disepanjang tepian segoro anakan terdapat tumbuhan mangrove yang masih alami dengan ketebalan dari bibir pantai rata-rata 300 m.
Dalam kawasan Blok bedul terdapat 27 jenis tumbuhan mngrove, beberapa jenis burung yang diantaranya adalah : merak, raja udang, elang laut, burung migran dari australia dan bangau. selain itu terdapat pula beberapa satwa yang dapat ditemui disana yaitu kera, biawak, kijang, babi hutan dan penyu.
Di wisata blok bedul ini, pengunjung dapat naik perahu menyusuri segoro anakan dengan naik perahu, yang oleh penduduk setempat dinamai gondang gandung. sambil menikmati pemandangan serta suasana hutan mangrove yang masih alami dengan aneka satwanya, dapat pula pengunjung melihat aktifitas penduduk setempat mencari kerang serta menjaring ikan. Setelah menyebrang dengan cara naik prhu tersebut pengunjung dapat meneruskan perjalanan menuju pantai selatan yang jaraknya kira-kira 1 kilometer. Dipantai itu pengunjung dapat menikmati pantai yang masih asri dan sangat indah.

Tips menuju ke wisata Bedul:
  1. Dari banyuwangi kota menuju Srono, kekiri arah muncar, perempatan tembok kekanan arah tegaldlimo. Pertigaan Sumberluhur kekiri arah alas Purwo, sampai perempatan  desa purwoasri kekanan terus saja ketemu perempatan sumberasri kekiri ikuti jalan itu, sampai ke wisata bedul.
  2. Dari Banyuwangi kota atau kota Genteng menuju selatan ke arah kota benculuk kekiri arah Purwoharjo lurus arah Curahjati, langsung arah desa sumberasri.  perempatan sumberasri kekiri ikuti jalan itu, sampai ke wisata bedul.
  • Bila perlu silahkan mampir ke kantor desa Sumberasri untuk cari informasi ke tempat tujuan.
Selamat berwisata.

Tidak ada komentar: