Senin, 25 Juni 2012

CANDI BOROBUDUR


Berdasarkan prasasti Kayumwungan yang bertanggal 26 Mei 824, Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga antara abad ke-8 hingga abad ke-9, berbarengan dengan Candi Mendut dan Candi Pawon. Proses pembangunan berlangsung selama 75 tahun di bawah kepemimpinan arsitek Gunadarma.
Tidak hanya megah dan besar, dinding Candi Borobudur dipenuhi pahatan 2672 panel relief yang jika disusun berjajar akan mencapai panjang 6 km! Hal ini dipuji sebagai ansambel relief Buddha terbesar dan terlengkap di dunia, tak tertandingi dalam nilai seni. Candi Borobudur dibangun antara abad ke-8 dan ke-9, 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa. Candi Borobudur memiliki luas 123x123 m2 dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. UNESCO mengakuinya sebagai salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.
Tidak dapat dibayangkan bagaimana nenek moyang kita membangun Borobudur yang demikian berat dapat berdiri kokoh dengan tanpa perlu memakukan ratusan paku bumi untuk mengokohkan pondasinya, tak terbayangkan pula bagaimana batu-batu yang membentuk Borobudur itu dibentuk dan diangkut ke area pembangunan di atas bukit.
Bahkan dengan kecanggihan yang ada pada masa kini, sulit membangun sebuah candi yang mampu menyamai candi Borobudur. Borobudur juga mengadopsi Konsep Fraktal.
Fraktal adalah bentuk geometris yang memiliki elemen-elemen yang mirip dengan bentuknya secara keseluruhan.
Candi borobudur sendiri adalah stupa raksasa yang di dalamnya terdiri dari stupa-stupa lain yang lebih kecil. Terus hingga ketidakberhinggaan. Sungguh mengagumkan nenek moyang kita sudah memiliki pengetahuan seperti itu. Bangunan Candi Borobudur benar-benar bangunan yang luar.
Letak candi borobudur yogyakarta sebenarnya bukan di yogyakarya melainkan di kabupaten Magelang, Jawa tengah.  Relief candi borobudur ini didirikan sekitar tahun 800 Masehi oleh masyarakat penganut agama Budha Wahayana.
Legenda candi borobudur yang pernah menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia ini sudah sangat terkenal kepenjuru dunia. Dalam sejarah candi boribudur dan legenda candi borobudur ini banyak yang menjelaskan bahwa asal mula candi borobudur  kemungkinan berasal dari kata Sambharabhudhara yang berarti “Gunung” (Bhudara). candi borobudur adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. 
Cerita Candi Borobudur ini masih menyimpan banyak misteri. Misalnya, Filosofi apa yang digunakan untuk membuat candi borobudur? Berapa jumlah orang dipekerjakan untuk membangun candi borobudur? Dari mana saja batu untuk membangun candi borobudur ini? Tapi apapun alasannya, kita harus bisa menjaga dan melestarikan candi borobudur ini.
Dari berbagai sumber



Tidak ada komentar: